Minggu, 23 Agustus 2015

Kelainan Tulang Belakang

Sakit Punggung

Salah satu masalah kesehatan yang paling umum yang diderita kaum pria adalah gangguan kesehatan pada punggung. Mungkin Anda pernah mengalami sakit punggung. Dan jika belum, suatu saat mungkin Anda akan mengalaminya. Diperkirakan bahwa 80% orang Amerika dewasa menderita sakit punggung di titik-titik tertentu pada masa hidup mereka.
sakit-punggungSakit punggung adalah penyakit yang paling sering menyebabkan karyawan kehilangan jam kerja mereka-lebih sering dibanding gangguan-gangguan kerja lainnya. Dan keluhan yang paling sering dirasakan kaum pria yang menderita sakit punggung adalah sakit di punggung bagian bawah.
Sementara beberapa sakit punggung disebabkan oleh kecelakaan atau faktor keturunan, banyak sakit punggung yang disebabkan oleh sikap badan yang salah yang tak terhindarkan.
Sumber sakit punggung yang paling umum adalah otot-otot yang lemah atau kaku di daerah punggung, perut dan urat-urat lutut. Masalah punggung sering diperparah oleh gaya hidup manusia sekarang yang lebih banyak duduk yang tidak hanya menyebabkan ketegangan di punggung bagian bawah, tetapi juga sering menyebabkan kegemukan.  
Untuk orang-orang yang menderita sakit punggung berkepanjangan setelah mengalami patah ruas tulang belakang, menggunakan korset, alat penahan punggung atau lat penyangga untuk metih postur tubuh dalam jangka pendek mungkin disarankan untuk mengurangi beban pada bagian pungguung yang sakit dan mempertahankan bantuk tulang belakang yang bagus. Namun, untuk jangka panjang, alat-alat ini mungkin menyebabkan otot melemah sehingga hanya boleh dilanjutkan jika benar-benar diperlukan.
Ada beberapa gerakan yang penting untuk dihindari oleh pasien yang sebelumnya pernah mengalami patah ruas tulang belakang karena osteoporosis. Antara lain menekuk atau membungkuk dan memutar punggung. Pada penderita osteoporosis, kedua gerakan tersebut menyebabkan banyak tekanan pada ruan tulang belakang yang patah dan dapat mempercepat memburuknya patah karena tekanan pada ruas tulang belakang.
Menggabungkan kedua gerakan tersebut (membungkuk dan memutar) akan sangat menimbulkan masalah. meraih dengan ekstrem, khususnya ke arah depan, harus dihindari, begitu juga aktivitas berat atau melompat ke atas permukaan yang keras (trampolin yang dilengkapi pegangan mungkin masih diperbolehkan.
Teknik Meluruskan tulang punggung belakang
1. Saat berdiri, berjalan atau duduk :
– Jaga punggung Anda tetap tegak
– Jangan membungkuk ke depan
– Jaga badan dan dada Anda tetap tegak
– Jaga bahu Anda tetap tegak
– Jaga kepala Anda tetap tegak dengan mata menatap ke depan dan dagu terangkat
– Pelan-pelan tahan otot perut untuk menjaga punggung Anda tetap lurus
2. Saat berdiri dalam waktu yang lama :
– Jaga agar satu kaki tetap terangkat di atas kursi kecil, sewaktu-waktu ganti posisi istirahat ini untuk kaki satunya.
3. Saat mengangkat :
– Jaga agar barang dekat dengan Anda. Saat membungkuk, jangan tekuk perut Anda, melainkan tekuklah pinggul dan lutut dan jaga punggung Anda tetap tegak.
4. Saat mengangkat tali sepatu :
– Letakkan kaki Anda di atas kursi sehingga Anda dapat membungkukkan pinggang dengan nyaman untuk mengikatnya.
– Hindari melengkungkan punggung Anda
5. Saat menyapu atau mengisap debu :
– Jaga sapu atau alat penghisap berada dalam jangkauan yang nyaman di depan Anda sehingga gerakan dapat dilakukan tanpa harus membungkuk.
Posted in Sakit Punggung | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Sakit Punggung Kronis

Sakit Punggung Kronis – Diperkirakan bahwa gejala punggung pada kurang lebih 70% pasien disebabkan oleh penyakit degeneratif vertebra lumbosakral. Cedera akibat ruda paksa mendadak yang meyebabkan fraktur atau gangguan diskus tidak umum terjadi dan hanya meliputi 5% pasien dengan keutuhan punggung. Penyebab keluhan punggung akut yang lebih umum terjadi berdasarkan adanya latar belakang masalah punggung kronis yang hilang timbul yang berasal dari penyakit  degeneratif.
Pada pasien yang mengalami akumulasi stress atau mengangkat beban berat secara mendadak dan tidak biasa dapat menyebabkan cedera ligamen, robekan anulus fibrosa atau prolaps diskus. Penyebab nyeri punggung yang kurang umum adalah spondilosis. Infeksi dan neoplasma tulang belakang bukan penyebab nyeri punggung yang umum dan tidak berhubungann dengan cedera, tapi harus dicurigai saat nyeri punggung yang dialami terjadi secara progersif dan terus menerus yang tidak berkurang dengan istirahat terutama bila terjadi demam atau malaise.
Sakit Punggung Kronis
Sakit Punggung Kronis
Untuk orang-orang yang menderita sakit punggung kronis yang berkepanjangan setelah mengalami patah ruas tulang belakang, menggunakan korset, alat penahan punggung atau alat penyangga untuk melatih postur tubuh dalam jangka pendek mungkin disarankan untuk mengurangi beban pada bagian punggung yang sakit dan mempertahankan bentuk ulang belakang yang bagus. Namun, untuk jangka panjang, alat–alat ini mungkin menyebabkan otot melemah sehingga hanya boleh dianjurkan jika benar-benar diperlukan.
Ada beberapa gerakan yang penting untuk dihindari oleh pasien yang sebelumnya pernah mengalami patah ruas tulang belakang karena osteoporosis misalnya. Antara lain menekuk atau membungkuk dan memutar punggung.
Sebagian besar patah ruas tulang belakang diobat secara medis, awalnya dengan obat pereda rasa sakit, obat pereda ketegangan otot, perlakuan panas, dan terkadang menggunakan alat penahan punggung. Aktivitas yang ringan lebih baik ketimbang isitrahat total di tempat tidur, setelah rasa sakit mulai hilang, serangkaian olahraga unutk melatih postur rtubuh yang benar dan meperkuat otot punggung direkomendasikan. Untuk orang-orang yang merasakan sakit teramat sangat secara terus-menerus beberapa minggu setelah mengalami patah ruas tulang punggung belakang, prosedur vertebroplasty atau kyhoplasty dapat dipertimbangkan.
Terapi fisik mungkin dapat membantu paisen kembali bisa berdiri, mengurangi rasa sakit lebih cepat dan membantu mencegah patah ruas tulang pada kemudian hari. Penting menyadari bahwa ternyata banyak patah tulang yang terjadi tanpa disertai luka parah (misalnya pada kecelakaan mobil) berkaitan dengan ostoporososis. Diagnosis penyakit lain dengan menggunakan tes kepadatan tulang dan pengobatan medis untuk mencegah keadaan yang lebih buruk dan mengurangi resiko patah tulang dan kemudian hal biasanya dibutuhkan.
Selama menjalankan semua aktivitas sehari-hari, Anda harus melaukan gerakan dengan hati-hati, jaga punggung Anda tegak dan hindari membungkuk. Lakukan olaharaga rutin untuk menbantu mengurangi rasa sakit, memperbaiki kekuatan otot dan tulang dan meningkatkan fleksibilitas untuk menghindari terjatuh dan patah tulang pada kemudian hari.

Cara Menghilangkan Sakit Punggung Kronis

Sakit Punggung Kronis
Sakit Punggung KronisPengobatan Antidepresan
Walaupun mungkin anda tidak mengalami depresi, namun kemungkinan besar dokter akan memberikan resep obat antidepresan yang berhubungan dengan pengobatan sakit punggung bagian bawah kronis. Tentunya sampai saat ini belum di ketahui secara pasti  tentang bagaimana cara obat ini dapat membantu mengurangi sakit punggung bagian bawah kronis. Namun obat antidepresan ini sudah diyakini dalam mempengaruhi perantara kimia serta bisa mempengaruhi sinyal yang diberikan pada rasa sakit bagian dalam tubuh.

Obat-obatan Sakit Punggung Kronis

Obat-obatan yang banyak di jual secara bebas di toko-toko obat yang dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang di akibatkan dari sakit punggung kronis yaitu seperti nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) dan acetaminophen.  Namun kedua jenis obat sakit punggung tersebut memiliki efek samping sehingga beberapa orang tidak bisa mengkonsumsi kedua obat tersebut.
Maka dari itu, sangatlah penting untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter ahli sebelum anda menhkonsumsi obat penghilang rasa sakit punggung tersebut. Dan jangan beranggapan dan mengharapkan bahwa dengan hanya memberikan obat penghilang rasa sakit penyakit punggung anda akan sembuh, pasalnya ada studi yang menunjukkan bahwa penderita sakit punggung membutuhkan lebih dari satu jenis perawatan sakit punggung.

Suntikan Tulang Belakang

Mungkin dokter akan menyarankan untuk melakukan suntikan tulang belakang tujuannya adalah untuk membantu mengurangi rasa sakit punggung. Selain itu, ada banyak jenis suntikan yang bisa digunakan yang dapat meredakan rasa sakit. Misalnya seperti suntikan kortikosteroid yang berfungsi dapat membantu meredakan peradangan pada punggung yang menyebabkan rasa sakit. Akan tetapi tergantung pada macam suntikannya, serta dokter juga mungkin akan membatasi kadar dosis anda per tahun yang bertujuan untuk menghindari efek samping yang kemungkinan akan timbul.
Itulah pembahasan tentang penyakit sakit punggung kronis dan juga cara pengobatan untuk menghilangkan rasa sakit yang biasa di rasakan oleh penderita sakit punggung. Semoga dengan adanya artikel ini akan memberikan manfaat yang baik bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit ini.
Posted in Sakit Punggung | Tagged , , , | Leave a comment

Pengobatan Sakit Punggung

Pengobatan Sakit Punggung – Sakit punggung adalah penyakit yang paling sering di alami oleh orang-orang yang sudah memasuki usia lanjut, dan sakit punggung memiliki tempat yang berbeda yaitu sakit punggung bagian bawah dan sakit punggung tengah dan atas. Begitu juga dengan pengobatan sakit punggung yang berbeda-beda tergantung pada keluhan sakitnya. Kali ini kami akan membahas tentang pengobatan sakit punggung bagian bawah dan pengobatan sakit punggung bagian atas dan bawah disertai dengan perawatan yang harus dilakukan untuk mengatasi sakit punggung tersebut. penjelasan lebih jelas berikut ini.

Sakit Punggung Bagian Bawah

Sakit punngung bagian bawah ini menimbulkan rasa sakit pada punggung bagian bawah dan rasa sakit tersebut dapat berupa nyeri ringan, tumpul dan yang lebih parah sakit tersebut dapat menghambat pergerakan serta akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab sakit punggung bagian bawah  juga sangat beragam mulai dari karena hal yang ringan hingga hal yang berat.

Penyebab Sakit Punggung Bagian Bawah

Pengobatan Sakit Punggung Bawah
Pengobatan Sakit Punggung Bawah
  1. Gerakan pinggang yang berlebihan atau tidak benar
  2. Mengangkat beban berat yang berulang kali
  3. Terpapar getaran untuk waktu yang lama
  4. Mengalami kecelakaan atau patah tulang
  5. Degenerasi tulang belakang yang  disebabkan oleh penuaan
  6. Infeksi
  7. Tumor
  8. Kegemukan atau obesitas
  9. Otot tegang dan kram
  10. Keseleo atau terkilir
  11. Bagian otot atau ligamen sobek
  12. Masalah sendi
  13. Merokok dan penyakit lainnya seperti osteoarthritis

Pencegahan Sakit Punggung Bagian Bawah

Untuk mencegah terjadinya sakit punggung bagian bawah yang perlu anda lakukan adalah membiasakan mengangkat barang yang baik dan benar, menjaga postur tubuh ketika duduk, berdiri dan saat tidur, lakukanlah olahraga secara rutin  untuk melakukan peregangan otot sebelumnya, hindarilah merokok, menjaga berat badan yang ideal dan sehat serta mengurangi stres emosional yang berlebihan. Untuk mendiagnosis penyakit sakit punggung ini anda dapat melakukan sinar X, CT Scan dan MRI.

Pengobatan Sakit Punggung Bagian Bawah dan Perawatannya

Pengobatan sakit punggung bagian bawah dapat di lakukan dengan cara-cara dan perawatan seperti di bawah ini :
  • Tidur miring dengan bantal di antara lutut dapat meningkatkan kenyamanan.
  • Lakukan aktivitas senormal mungkin akan tetapi menghindari aktivitas yang dapat menambah tekanan pada bagian yang sakit.
  • Menggunakan obat penghilang rasa nyeri yang mengandung ibuprofen, parasetamol, naproxen, ketoprofen.
  • Menggunakan obat oles yang panas belum terbukti efektif.
  •  Sebagian besar orang akan merasa lebih nyaman jika di kompres dingin atau hangat. Kompres dingin dilakukan 48-72 jam pertama, setelah itu bisa bergantian antara kompres dingan atau hangat.

Sakit Punggung Bagian Atas

Struktur tulang belikat bisa di katakan cukup kompleks sehingga akan lebih mudah terhadap cedera. Kegiatan yang sering di lakukan oleh tangan yang selalu aktif dapat mengakibatkan ketegangan pada bagian otot bahu. Seperti dengan aktivitas mengangkat belanjaan yang berat, menggendong anak, atau juga saat tangan memegang pegangan yang terdapat pada bis.
Sehingga tangan dan bahu mendapatkan tekanan dan beban yang cukup berat sehingga dengan adanya tekanan itu akan menimbulkan rasa nyeri pada tulang belikat. Maka dari itu jangan terlalu sering memberikan beban yang berat pada bagian bahu, selain itu ada beberapa penyebab sakit punggung bagian atas seperti di bawah ini.

Penyebab Sakit Punggung Bagian Atas (Bahu)

Pengobatan Sakit Punggung Atas
Pengobatan Sakit Punggung Atas
Usia, umumnya orang yang sudah berusia lanjut akan mengalami degenerasi cervical spine  yang disebabkan oleh penuaan atau penyakit tulang yang dapat menyebabkan terjadinya rasa nyeri di bagian tulang belikat.
Stres yang Berlebihan, stres yang biasa di alami oleh kebanyakan orang baik itu stress fikis atau stres psikologis secara berlebihan dapat memicu rasa nyeri pada punggung bagian atas dan biasanya orang yang sedang mengalami stress akan mengeluhkan rasa sakit bagian punggung.
Radang Sendi, atau arthritis merupakan penyebab sakit punggung yang paling utama, terutama sakit punggung pada orang usia lanjut. Radang sendi atau arthritis dapat menyebabkan disfungsi pada sendi tulang rusuk bagian belakang dan punggung bagian atas sehingga pada akhirnya akan menyebabkan nyeri sendi.

Pengobatan Sakit Punggung Bagian Atas

Pengoban yang dilakukan untuk sakit punggung bagian atas tidak jauh berbeda dengan pengobatan sakit punggung bagian bawah.

Terapi Dingin dan Panas

Perubahan temperatut dari dingin ke panas ataupun sebaliknya dapat membantu untuk melancarkan darah dan juga dapat membantu untuk meredakan rasa nyeri. Caranya tempatkan kompres dingin atau hangat ke bagian yang mengalami sakit, namun disarankan jangan langsung meletakkan es pada bagian yang sakit. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat membantu melancarkan peredaran darah.

 Obat Pereda Rasa Sakit

Pengobatan sakit punggung bagian atas juga dapat di berikan obat pereda rasa sakit seperti paracetamol, obat anti-inflamasi  non-steroid seperti ibuprofen, kodein yang bersifat lebih keras dan terkadang sering digunakan secara bersamaan dengan obat paracetamol.  Semua obat tersebut dapat di gunakan untuk membantu menghilangkan rasa sakit punggung bagia atas maupun bawah.
Posted in Sakit Punggung | Tagged , , , | Leave a comment

Pengobatan Herbal Sakit Punggung

Pengobatan Herbal Sakit  Punggung – Survey menunjukkan bahwa 4 dari 5 orang akan mengalami sakit punggung di kehidupannya dan 1 dari  jumlah 6 hari kerja terbuang sia-sia hanya karena sakit yang berhubungan dengan rasa nyeri punggung.  Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya sakit punggung. Seperti contohnya menggendong anak  atau sampai membungkuku di depal laptop.
sakit-punggung
pengobatan sakit punggung
Sakit punggung merupakan kondisi umum yang bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Dan gejalanya bisa berupa rasa sakit yang datang dan pergi begitu saja, sendi yang terasa kaku atau sulit digerakkan dan rasa tenggang. Biasanya sakit punggung akan hilang dalam waktu 2 hingga 12 hari.
Keadaan ini biasanya tidak disebabkan oleh hal-hal yang serius serta dapat ditangani hanyak dengan terus bergerak aktif dan atau mengkonsumsi obat pereda sakit pinggang. Namun dalam beberapa kasus, sakit pinggang akan sangat menyiksa dan tidak dapat tertahan bahkan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.
Sakit  punggung adalah sakit hebat yang menyebabkan sesak, biasanya menyerang punggung bagian bawah. Sering kali disebabkan oleh ketegangan otot punggung atau spinal disc herniation, interbenratal disc herniation, arthritis, atau osteoporosis. Rasa nyeri yang dirasakan seperti berkedut dan kesetrum dapat menjalar ke punggung bawah dan kaki.
Rasa sakit tersebut semakin meningkat ketik bergerak atau beraktivitas. Di samping itu, ia disertai dengan mati rasa pada punggung, kaki dan mata kaki. Umumnya sakit punggung disebabkan sikap tubuh yang salah, seperti membungkuk saat duduk, mengangkat sesuatu pada posisi yang tidak benar, dan tidur diatas kasur yang tidak empuk.

Pencegahan Sakit Punggung

  1. Langkah pertama yaitu menghindari membawa beban yang terlalu berat sehingga dapat membuat punggung terbebani.
  2. Biasakan bersikap duduk yang sesuai dengan tidak membungkuk.
  3. Gunakan sepatu yang beralas datar sesering mungkin dan hindari pemakaian hak tinggi yang terlalu sering.
  4. Sejajarkan posisi layar komputer atau laptop dengan pandangan mata untuk menghindarkan leher dari ketegangan.
  5. Dan yang terakhir lakukan olahraga secara teratur seperti berenang dan berjalan kaki.

Pengobatan Herbal Sakit  Punggung

sakit-punggung-belakang
pengobatan sakit punggung

Pengobatan Apotek

Pengobatan mencakup istirahat dan tidur di atas dipan kayu menggunakan kompres panas dan es, menggunakan obat antiinflamasi, terutama (NSAIDs)(ibuprofen), dan melakukan terapi gerak ketika nyeri berkurang. Begitu juga, mandi menggunakan air hangat atau berendam dalam air hangat selam setengah jam setiap kali nyeri telah hilang, tanpa tidur berlebihan.

Pengobatan Herbal Sakit  Punggung

Cabe merah

Cabe merah atau sambal mengandung capsaicin, yang sangat efektif melawan nyeri. Zat tersebut merupakan salah satu analgesik yang meredakan sakit. Sebenarnya bukan itu yang penting, zat tersebut memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan endorfin, zat yang meredakan rasa sakit, yang terdapat dalam tubuh.
Campurkan bubuk cabe merah dengan krim pereda nyeri apapun. Oleskan langsung pada bagian tubuh yang nyeri. Cara lainnya adalah buatlah krim dengan memblender cabe merah dicampur dengan madu. Balurkan pada bagian yang terasa nyeri.

Dedalu (Willow)

Jemur daun atau kulit pohon dedalu, lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Setelah itu buatlah minuman. Herbal tersebut kaya akan methyl-salicylate, zat yang mirip aspirin, dan digunakan sebagai analgesik luar.

Pepermin

Pepermin mengandung mentol dan kamper, salah satu senyawa obat yang khusus mengatasi sakit punggung dan banyak dipakai dalam bahan obat-obatan kimia. Kedua zat tersebut membantu untuk memecahkan kontraksi otot. Boleh menggunakan minyak esensial pepermin sebagai minyak analgesik lokal.

Resep herbal

Satu cangkir aquirting cucumber (ecvallium eleterium) dimasak dengan segelas air dan segelas cuka. Balurkan pada tempat yang sakit dan kuatkan dengan perban dari malam hingga pagi.

Selain dengan cara pengobatan herbal sakit punggung diatas, anda juga dapat melakukan cara menangani sakit punggung yang sedang anda alami saat ini. Berikut cara penanganannya.

Tetap aktif

Istirahat merupakan cara yang dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi sakit punggung. Namun, pada saat ini tubuh yang tidak bergerak aktif dalam jangkan waktu panjang justru dapat mengakibatkan hal yang buruk bagi punggung.  Ketika anda mengalami sakit punggung, sangatlah penting untuk anda sebisa mungkin tetap aktif serta melakukan aktivitas seperti biasa. Contohnya seperti berjalan kaki atau juga dengan melakukan kegiatan sehari-hari justru akan sangat membantu pemulihan sakit punggung tersebut.

Terapi Manual

Dengan cara mengompres dengan air panas atau air dingin dapat membantu untuk meredakan rasa nyeri di punggung anda. caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan koyo atau oleskan balsem pada area punggung yang sakit. Anda juga dapat menempelkan kantong es pada area nyeri, kemudian ganti dengan kompres handuk hangat atau dengan mandi air hangat.

Berfikir Positif

Ada penelitian yang mengatakan bahwa pemulihan akan menjadi lebih cepat pada penderita yang tetap berfikir positif dibandingkan dengan mereka yang mengalami masalah stress.
Posted in Uncategorized | Tagged , , , | Leave a comment

Pegal di Bahu Dan Punggung

Pegal di bahu dan punggung bisa merupakan salah satu gejala akibat kekurangan vitamin B1. Dapat diatasi dengan suplemen yang memiliki karakteristik unik dan mudah diserap tubuh. Pegal di punggung dan bahu memang merupakan salah satu gangguan yang lumrah terjadi. Banyak orang yang pernah mengalaminya. Sebagian yang lain malah begitu sering mengalami ini. Karena dianggap biasa, pegal-pegal jadi sering diabaikan. Memang, pegal umumnya bukan gangguan kesehatan yang serius.
pegal di punggung
Tapi tanpa disadari, berbagai aktivitas bisa terganggu dan produktivitas bisa menurun. Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya pegal di bahu dan punggung. Salah-satunya adalah kekurangan (defisiensi) vitain B1 atau tiamin. Vitamin B1 merupakan salah satu dari vitamin B1 kompleks. Vitamin b1 berperan penting dalam metabolisme gula, karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Vitamin ini menjaga fungsi otot dan sistem saraf, terutama sistem saraf perifer atau tepi (saraf selain otak dan tulang belakang). Vitamin B1 sering pula disebut sebagai vitamin anti stres karena dapat meningkatkan aktivitas sistem imun dan memperbaiki kemampuan pertahanan tubuh dalam kondisi stres.
Vitamin B merupakan vitamin yang larut dalam air, karena itu tidak dapat disimpan di dalam tubuh sehingga harus dikonsumsi setiap hari. Secara teori efeknya di dalam tubuh bertahan selama 14-18 jam setelah dicerna. Gejala kekurangan vitamin yang larut air, jauh lebih cepat muncul dibandingkan gejala kekurangan vitamin larut lemak, Umumnya gejala mulai terlihat dalam empat minggu.
Gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B1 yakni tubuh pegal di bahu dan punggung, karena metabolisme karbohidrrat serta fungsi saraf dan otot tergangu. Sumber vitamin B antara lain adalah beras merah, oat dan kacang pohon (kenari, dll). Jika merasa asupan makanan sehari-hari kurang sumber vitamin B1 dan ada gejala pegal-pegal, ada baiknya mengonsumsi suplemen vitamin B1.
Atau bisa juga dengan cara alami banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, yang didalamnya mengandung vitamin B1 sehingga resiko mengalami pegal di bahu dan punggung berkurang.
Posted in Sakit Punggung | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Sakit Tulang Punggung

sakit-punggung-belakangSakit tulang punggung bisa berupa nyeri ringan, tumpul, sampai parah dan menghambat pergerakan serta mengganggu aktivitas sehari-hari. Gerakan pinggang berlebih atau tidak benar (mengangkat beban berat berulang kali, terpapar getaran untuk waktu yang lama), kecelakaan atau patah tulang, degenerasi tulang belakang karena penuaan, infeksi, tumor, kegemukan, otot tegang atau kram, keseleo atau terkilir, otot atau ligamen sobek, masalah sendi, merokok, penyakit lain (osteroarthritis, spondylitis).
Untuk mencegah sakit punggung. Biasakan mengangkat barang dengan cara yang benar; juga postur yang benar saat duduk, berdiri dan tidur; olahraga secara rutin (lakukan peregangan otot sebelumnya); hindari merokok; jaga berat badan yang sehat; kurangi stres emosional.
Sakit punggung dapat menyerang punggung bagian bawah, bagian tengah dan atas. Bahkan bisa terjadi mulai dari bagian leher sampai ke bagian tengah ke tulang iga. Penyebab dari sakit punggung adalah penggunaan punggung berlebihan, otot tertarik atau luka pada otot, ligamen dan diskus tulang belakang, postur tubuh yang kurang baik, tekanan pada saraf tulang belakang, patahnya salah satu tulang punggung, osteoarthritis.
Gejala sakit punggung bila terjadi di bagian tengah dan atas, umumnya penderita akan mengalami gejala seperti sakit yang tumpul pada bagian sekitar punggung yang sakit, rasa seperti panas terbakar dan tajam, otot terasa kaku dan kencang.
Untuk mencegah dan mengobati sakit punggung ini diperlukan pengobatan dan perawatan yang tepat. Pengobatan dan perawatan ini tentunya harus dilakukan oleh penderita sakit punggung guna menghindari bahaya komplikasi akibat sakit punggung bila terjadi terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.
Pengobatan dan perawatan untuk sakit punggung yang dapat dilakukan, di antaranya adalah :
1. Tidur miring dengan bantal di antara lutut dapat meningkatkan kenyamanan
2. Lakukan aktivitas senormal mungkin tetapi hindari aktivitas yang menambah tekanan pada bagian yang sakit.
3. Obat penghilang nyeri yang mengandung ibuprofen, parasetamol, naproxen, ketoprofen
4. Obat oles yang panas belum terbukti efektif, namun dapat digunakan untuk membantu mengurangi gejala sakit punggung yang terjadi.
5. Sebagian penderita sakit punggung merasa lebih nyaman apabila dikompres dengan air dingin atau air hangat. Kompres dingin dilakukan 48-72 jam pertama, setalah itu bisa bergantian antara kompres hangat dan dingin.
6. Melakukan olahraga punggung untuk membantu meringankan rasa sakit. Namun ada baiknya menggunakan alat pengaman punggung ketika melakukan olahraga berat agar tidak menciderai punggung
7. Mengubah atau merubah pola postur badan ketika duduk, berdiri dan jangan terlalu membungkuk.
Posted in Sakit Punggung | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Sakit Nyeri Pada Punggung

Sakit nyeri pada punggung adalah nyeri yang lazim dialami. Hampir semua orang pernah mengalami sakit ini. Sakit punggung merupakan salah satu alalsan cuti kerja yang paling umum. Pada kebanyakan kasus, sakit ini hanya berlangsung sebentar tapi sering kali muncul lagi.
Penyebab timbulnya sakit nyeri pada punggung tidak selalu bisa ditentukan, tapi empat munculnya rasa sakit dan lamanya rasa sakit berlangsung dapat digunakan untuk menunjukkan penyebab nyeri. Banyak nyeri punggung yang bisa ditangani dirumah, tapi nyeri punggung yang terus menerus berulang atau berat harus diperiksa oleh dokter. Apabila Anda menderita sakit yang berulang mungkin itu pertanda Anda harus lebih memperhatikan perlindungan terhadap punggung Anda.
sakit-punggung
Beberapa sakit nyeri punggung terkait dengan nyeri akar saraf. Nyeri ini sangat jarang dibandingkan  sakit punggung sederhana dan menyebabkan sekitar 5% kasus nyeri punggung. Nyeri akar saraf biasanya disebabkan oleh kompres (tekanan) pada pangkal saraf sumsum tulang belakang.
Batuk atau bersin seringkali dapat memperberat nyeri punggung dengan menyebabkan spasme (kontraksi) otot punggung yang terasa sangat nyeri. Nyeri tersebut dapat berawal pada punggung namun nyeri dapat menjalar kemana pun. Nyeri seringkali menjalar ke bokong, namun juga dapat menjalar turun ke tungkai dan bahkan ke kaki.

Posted in Sakit Punggung | Tagged , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Sakit Punggung Saat Hamil

Hampir semua wanita mengalami setidaknya sakit punggung ringan pada lumbal selam kehamilan. Kelelahan, spasme otot, atau regangan punggung akibat tubuh paling sering menyebabkan keadaan ini. Relaksasi sendi-sendi panggil akibat aksi hormon seks steroid atau barangkali relaksin juga mungkin menyebabkan hal ini. Seringkali keluhan ini dapat dikurangi dengan cara-cara berikut :
Perbaikan sikap tubuh seringkali dilakukan dengan menggunakan sepatu hak rendah. Untuk mendapatkan postur yang benar, perut harus diratakan, panggul miring ke depan, dan bokong melipat ke bawah untuk meluruskan punggung. Berikan pengantar untuk latihan punggung dibawah pengawasan dokter rahabilitasi, ahli ortopedi, atau ahli terapi fisik, anjurkan tidur diatas kasur yang keras, berikan pemanas setempat dan pijatan ringan untuk mengendurkan otot-otot punggung yang keras dan tegang, berikan asetaminofen 0,3-0,6 gram per oral atau yang sebanding, dapatkan konsultasi ortopedik jika kecacatan.
Amati tanda-tanda dan gejala neurologis yang menunjukkan sindrome prolaps diskus intervertebralis, radikulitis.
Postur yang baik akan mencegah terjadinya tarikan berleihan terhadap otot-otot punggung. Keluhan nyeri punggung biasanya merupakan hal yang sering dialami wanita hamil, khususnya pada triwulan terakhir. Seiring dengan pembesaran rongga perut dan pertambahan berat bayi, maka anda akan mulai menyadari bahwa tubuh anda mulai membengkok ke belakang atau ke depan untuk mengimbangi pusat gravitasi. Kondisi ini akan menyebabkan teregangnya otot di sekitar tulang belakang sehingga anda akan merasakan nyeri di daerah punggung.
Hormon-hormon yang dilepaskan selaman masa kehamilan akan melunakkan dan menarik sendi-sendi anda. Hal ini membuat punggung lebih rentan untuk tegang atau keseleo.
Posted in Sakit Punggung | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Nyeri Punggung

Nyeri punggung secara ekstrim adalah suatu keadaan yang umum dalam  masyarakat. Ada banyak alasan mengapa begitu banyak orang mengalaminya, termasuk postur atau memberikan tegangan/ beban pada tulang belakang, merokok, diet yang jelek dan salah, seperti halnya penyakit-penyakit pada tulang belakang dan kondisi kesehatan lainnya. Akan tetapi, penyebab yang paling umum dari nyeri/ sakit punggung adalah penuaan.
Tulang belakang terdiri dari tulang-tulang khusus yang disebut vertebrate yang menyediakan sokongan. penyokong bagi tubuh. Diantara tiap-tiap vertebrate/ tulang belakang terdapat sebuah piringan yang memberikan tulang belakang keluwesan/fleksibility dan berfungsi sebagai penyerap goncangan atau tekanan pada tubuh. Piringan-piringan pada vertebrate terdiri dari annulus fibrosus (layaknya sebuah gerombolan ban terluar) dan gel /jel layaknya bahan dalam utama yang disebut dengan nucleus pulposus. Secara bersama-sama, vertebrate dan piringan menyediakan terowongan pelindung (yang disebut dengan spinal canal-saluran tulang belakang) yang melalui untaian tulang belakang dan melintasi saraf tulang belakang.
Pada kebanyakan orang, bebetapa hal mulai terjadi pada tulang belakang ketika kita tua. Vertebrate kita mulai menebal dan piringan-piringan vertebrate mulai kehilangan bentuk dan kelembaban. Sebagai hasilnya, sipnal canal menjadi lebih sempit, ringkas, membuat untaian tulang belakang tertekan dan bagian saraf terakhir dan menyebabkan nyeri, amti rasa, atau kelemahan tubuh. Kondisi ini disebut spinal stenosis. Stenosis dapat terjadi pada orang-orang berusia 20 tahun dan 30 tahunan, hal ini paling serung terlihat pada pasien-pasien yang lebih tua. Spinal stenosis adalah suatu kondisi degeratif, artinya gejala-gejalanya cenderung menjadi progresif dan meningkat serta bertambah padarah sewaktu pasien/ penderita bertambah tua.
Spinal stenosis dapat terjadi pada semua daerah tulang belakang paling sering trejadi pada lumbar (punggng bawah) dan daerah-daerah cervical (servik-punggung leher). Pasien-pasien dengan lumbar spinal stenosis mungkin merasakan sakit, lemah, atau mati rasa di kaki, betis, atau pantat.
Gejala-gejala sering bertambah dan meningkat ketika berjalan-jalan dengan jarak dekat dan menurun berkurang ketika duduk, membungkuk ke depan dan berbaring. Cervical spinal stenosis mempunyai gejala yang hampir salam yaitu sakit pada bahu, lengan, kaki, dan mungkin juga kekakuan tangan dan gangguan keseimbangan dan gaya berjalan.

Posted in Sakit Punggung | Tagged , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Sakit Punggung Bawah

Nyeri di punggung atau sakit punggung merupakan hal yang sangat umum terjadi. Sakit punggung dialami oleh setiap orang. Di Inggris, hampir setengah dari seluruh orang dewasa mengalami nyeri atau sakit punggung yang berlangsung paling tidak satu hari setiap tahun.
Nyeri atau sakit punggung sangat umum terjadi, dan sangat mungkiin bahwa mayoritas dari kita akan mengalami nyeri punggung suatu saat nanti. Di Inggris, diperkirakan 60-80 % orang pernah mengalami nyeri punggung pada suatu waktu di kehidupannya. Nyeri punggung merupakan salah satu alasan utama untuk tidak bekerja, dan setiap tahunnya hari kerja hilang akibat nyeri punggung ini.

Bagian otot-otot punggung
Di negara Barat (misalnya Inggris dan Amerika Serikat) kejadian nyeri punggung (terutama nyeri pada punggung bagian bawah) telah mencapai proposi epidemik. Satu survei telah melaporkan bahwa 17,3 juta orang di Inggris (sekitar sepertiga dari populasi orang dewasa) pernah mengalami jumlah ini 1,1 juta orang mengalami kelumpuhan akibat nyeri punggung. Nyeri punggung bagian bawah merupakan penyebab paling sering dari keterbatasaan aktivitas pada orang muda dan setengah baya, serta merupakan salah satu alasan paling sering untuk mendapatkan konsultasi medis. Setiap tahun sekitar 5 juta orang menemui dokter umum karena nyeri punggung.

3 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya....

    BalasHapus
  2. New Online Casino Site | Online Slots | Casino - Cloth
    New Online Casino Site · Slot Machines · Play Now choegocasino · Blackjack · Slot Machine 메리트 카지노 고객센터 Games · Video Poker · Slots Games · Keno · Keno. 메리트카지노

    BalasHapus
  3. Play Free Video Slot Machines For Fun - JtmHub
    Check 김천 출장마사지 out this fun, engaging 슬롯 나라 video 안동 출장샵 slot machine game that features 5 계룡 출장마사지 reels, 삼척 출장안마 40 paylines, and 20 paylines of video slot machines.

    BalasHapus